- Sediakan bahan-bahan :
- Kunci-kunci
- Alat Terkel/dongkrak,pikulan,tambang/rantai,balok
- Kelengkapan onderdil Dari bargain yang dibutuhkan penggantian,terutama pelapis silinder Koop
- Keadaan oil yang baru sensuai Ukuran,stumvet /gemuk
- Alat pengukur speeling : seperti feeler gauge,veer Craig meter
- Cara sebelum melakukan pembongkaran:
- Membaca do'a demi kelancaran dan tidak ada kecelakaan dalam pembongkaran
- Membuang air dalam radiator
- Membuang oli dari dalam kalter
- Melepaskan kelengkapan kabel instalasi listrik,
- Membuka generator dan dinamo starter
- Membuka alat-alat ukur seperti:meteran panas motor dan meteran oli
- Langkah kerja selanjutnya:
- Membuka dan melepas radiator
- Membuka dan melepas hubungan antara AS primer dengan AS gardan/copet melalui kopling gardan /juen.
- Membuka kelengkapan karburator,delco/distributor,coil,pipa knalpot,serta membuka kelengkapan manifold.
- Membuka baud/mur penahan dudukan motor blok.
- Motor blok diturunkan dari dudukan dengan cara diangkat/diturunkan menggunakan tali/rantai-dongkrak-takel-balok&pikulan.
- Setelah motor blok dibawah,melepas dan membuka hubungan motor blok dengan rumah kopling & persneling /bagian rumah tutup deksel/kedok Bagong.
- Membuka kelengkapan kipas / ventilator,pompa air,membuka vully& tali kipas / vanbelt yang sebelumnya membuka mur kaitan sambil membuka dinamo jalan & dinamo starter.
- Membuka plat jangkar yang melekat pada motor blok bagian belakang,yang sebelumnya membuka & melepas roda penerus / roda gila / fly wheel.
- Membuka tutup keteng / rantai roda gigi distribusi kruk AS dan Niken AS kedua roda giginya ditarik keluar.
- Membuka baud / mur tutup ruang katup & baud/mur kepala silinder Coop dibuka menggunakan sistem X,dimulai dari tengah-tengah.
- Semua baud /mur dari bagian onderdil yang sudah dibongkar disimpan pada tempat yang disediakan agar bagian onderdil & baud / mur tidak berceceran.
- Lakukan penelitian & pengecekan pada bagian onderdil yang memerlukan penggantian baru,serta agar dapat duduk kembali sesuai dengan ketentuan.
- Apabila keadaan silinder & kruk AS yang gugus / rusak,segera melakukan perbaikan : seperti pada silinder yang gugus / rusak harus di oversize & kruk AS yang gugus/ rusak harus di undersize pada bengkel khusus.
- Bagian klep/katup & dudukannya harus di sekir/diasah pada dudukannya sebagaimana cara & aturan.
- Torak/piston dan ring piston diganti yang baru sesuai ukuran yang diminta dan ketentuan yang berlaku.
- Lakukan pekerjaan selanjutnya pada pekerjaan lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar